Tips Untuk Mengatasi Ruangan Yang Minim Cahaya

Beberapa ruangan yang minim cahaya memang sering kali terasa kurang nyaman, terasa sempit dan bahkan bisa jadi seperti terasa agak menyeramkan. Umumnya ruangan yang minim cahaya ini berada di sudut rumah atau kurangnya jendela sehingga tak banyak cahaya matahari yang bisa masuk. Alih-alih merenovasi total ruangan tersebut, anda bisa menyiasati ruangan minim cahaya tersebut agar terasa lebih nyaman ditempati lho.

Tak harus menggunakan warna putih, anda pun bisa menyiasati ruangan minim cahaya tersebut dengan beberapa trik dekorasi lainnya.

Cahaya Tambahan

Mengingat minimnya cahaya alami yang bisa diterima dan dipantulkan di dalam ruangan, maka sudah sepatutnya jika menambahkan elemen untuk mendapatkan cahaya tambahan perlu diperhitungkan. Jika perlu, tambahkan lampu lebih dari satu ke dalam ruangan. Lampu hias baik itu bermodel lampu gantung atau yang menempel di dinding, juga akan membuat ruangan tampak semakin cantik dan mewah.

Aksen Cermin Besar

Selama ini cermin mungkin sudah banyak digunakan untuk memberi efek ilusi ruangan agar tampak lebih luas. Namun ternyata, cermin juga bisa ditempatkan untuk menyiasati ruangan yang minim cahaya lho. Tak perlu berlebihan dengan meletakkan cermin pada setiap sisi dinding ruangan, anda cukup menempatkan satu cermin besar di salah satu sisi dinding saja untuk membuat ruangan terasa lebih baik.

Pentingnya Menghadirkan Ventilasi

Jika merenovasi ruangan untuk menambahkan jendela besar cukup menyulitkan, anda cukup menyiasatinya dengan menambahkan sedikit ventilasi yang tak terlalu besar ke dalam ruangan. Meski cahaya alami yang bisa masuk ke dalam ruangan tak terlalu banyak, namun dengan menghadirkan ventilasi ke dalam ruangan dapat juga mengurangi udara lembap di dalam ruangan.

Trik Dinding Dan Lantai

Warna yang diterapkan pada ruangan minim cahaya memang cukup mempengaruhi kenyamanan di dalam ruangan. Namun tak harus menerapkan warna putih, anda juga bisa menerapkan warna lain yang memiliki tone lembut ke dalam ruangan. Warna abu-abu, warna krem atau warna-warna pastel bisa dijadikan pilihan. Tak hanya bisa diterapkan pada dinding ruangan, usahakan untuk menerapkan warna-warna tersebut pada lantai juga. Atau jika ingin memasang wallpaper pada dinding ruangan, anda bisa memilih wallpaper yang mengkilap. Trik ini dapat membuat wallpaper membantu memantulkan cahaya yang diterima di dalam ruangan.