Mendekor Ulang Ruang Tamu Yang Kecil Sehingga Dapat Terlihat Besar

Mendekorasi ruang tamu yang kecil atau sempit terkadang memang sulit dan membuat kita pusing. Akan tetapi, selalu ada trik untuk menyiasatinya dan membuat ruangan sempit Anda tetap tampak indah sekaligus fungsional. Nah, untuk membantu Anda menemukan solusinya, kali ini kami punya tips untuk Anda.
~ Maksimalkan Arsitektur
Ruang tamu yang sempit memberikan kesempatan bagi Anda untuk bereksperimen dan mengeksplorasi seluruh sudut ruangan. Misalnya, jika Anda memiliki sudut atau celah yang kosong, Anda bisa menaruh kursi atau meja kopi di sana. Atau jika Anda memiliki fitur yang menarik pada ruang tamu Anda, entah itu plafon yang unik, jendela besar, dan lain-lainnya. Anda bisa memanfaatkannya sebagai elemen dekoratif, contohnya memasang lampu gantung agar perhatian tertuju ke plafon, atau Anda bisa menaruh tanaman hidup, sofa, atau aksesoris lain di bawah jendela Anda, atau mungkin memasang tirai cantik.
~ Fokuskan ke Atas
Jika Anda menekankan dekorasi Anda pada tinggi ruang tamu Anda, maka ruangan kecil pun akan terasa lebih luas dan lega. Nah, Anda bisa memanfaatkan dinding tepat di bawah plafon Anda sebagai focal point dekorasi interior ruang tamu Anda. Anda bisa coba memasang foto atau lukisan di dinding yang dibuat naik hingga ke plafon. Ini akan membuat ruang tamu Anda tampak lebih luas.
~ Letakkan Berdekatan
Meletakkan furnitur satu dengan yang lain saling berdekatan adalah cara untuk menciptakan sebuah ruangan yang fungsional namun hemat tempat. Anda bisa tempatkan sebuah meja atau lemari pendek di belakang sofa sebagai tempat menyimpan barang atau meletakkan aksesoris. Anda juga bisa memilih rak buku sebagai latar belakang sofa atau meja Anda.
 ~ Jadikan Kesatuan
Seringkali, ruang tamu juga berfungsi sebagai akses masuk ke dalam rumah, kantor, atau ruang makan. Untuk menggabungkan rungan tamu  fungsi-fungsi lainnya ini, berikanlah tema yang sama pada desain interior secara keseluruhan, mulai dari warna, aksen, material, dan sentuhan dekoratif lainnya. Nah, ketika Anda membuat desain interior ruang tamu Anda sebagai kesatuan dengan ruangan lainnya, maka ruang tamu Anda akan terasa nyaman meskipun luasnya terbatas.