Kekurangan & Kelebihan Dalam Penggunaan Vinnyl Lantai

 Dalam pengaplikasian untuk lantai rumah, selain bahan marmer atau keramik, kayu juga dapat dimanfaatkan untuk lantai rumah. Memiliki nilai estetika yang tinggi, lantai kayu/vinnyl lantai pun banyak disukai dan diterapkan pada rumah-rumah atau hunian pribadi.

Penggunaan Lantai Kayu Kelebihan Dan Kekurangannya
Desain Interior Murah

Namun seperti bahan material lain yang dapat diaplikasikan pada lantai, bahan kayu juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri jika diaplikasikan sebagai lantai kayu. Sehingga sebelum mulai menerapkannya, tak ada salahnya jika Anda mulai mengetahui beberapa keunggulan dan kelebihan mengenai lantai kayu berikut ini.

Keunggulan :

Penggunaan Lantai Kayu Kelebihan Dan Kekurangannya
Desain Interior Murah

– Material kayu yang berasal dari alam, menampilkan kesan yang lebih natural dibanding lantai keramik, marmer atau lainnya. Dengan kesan alami dan natural, ruangan pun tampak lebih elegan dan mewah.

– Lantai kayu dapat bertahan lama hingga mencapai 20 tahun dengan perawatan yang benar secara rutin. Dengan melakukan cat ulang secara rutin setiap 3 bulan sekali, nilai jual rumah dengan lantai kayu yang bagus juga kemungkinan dapat terus naik.

– Kayu memiliki sifat yang dapat menyerap panas untuk disimpan selama beberapa waktu. Hal itu membuat kayu lebih terasa hangat dibanding lantai dengan keramik ataupun marmer. Sehingga ruangan di dalam rumah pun terasa lebih hangat.

– Kemampuan dapat menyerap panas yang dimiliki oleh kayu, membuat lantai kayu dapat memberi efek positif bagi penghuni rumah. Kelebihan ini dapat mengurangi kemungkinan penghuni rumah terkena rematik lho.

– Material kayu untuk lantai pun mudah diaplikasikan dan fleksibel dengan konsep desain rumah gaya apapun.

Kekurangan :

Penggunaan Lantai Kayu Kelebihan Dan Kekurangannya
Desain Interior Murah

– Lantai kayu memiliki tingkat kelembapan yang tinggi. Terlebih pada jenis kayu selain kayu solid yang lebih mudah lembap sehingga rawan rayap.

– Untuk menjaga keawetan kayu agar tidak mudah rusak, lantai kayu membutuhkan perawatan khusus secara rutin. Demi menghindari kerusakan pada lantai kayu, tak ada salahnya anda melakukan perawatan pada lantai kayu

– Lantai kayu tidak tahan terhadap air, sehingga perlu sangat dihindari agar tidak terkena genangan air atau rembesan air.

-Lantai kayu juga memiliki kekurangan yang sifatnya susah dibersihkan apabila terkena kotoran seperti tinta atau cat. Hal ini karena sifat kayu yang terdiri dari serat-serat, sehingga cairan mudah meresap dan menyatu dengan kayu.

Dari beberapa kelebihan dan kekurangan mengenai lantai kayu tersebut, ada baiknya anda mempertimbangkan baik-baik mengenai penggunaan lantai kayu.